Memilih Transport Pass yang Tepat Selama di Osaka dan Kyoto

by - Juni 16, 2017

Kereta Rapi:t Express Nankai Line KIX to Namba bagus banget!

Saat ini, kayaknya minat orang untuk berwisata ke Jepang makin tinggi. Gimana engga,beberapa maskapai sering promo tiket murah dengan tujuan ke Jepang. Bahkan, hampir tiap bulan ada promo final call Airasia yang menawarkan tiket dari Kuala Lumpur ke Jepang dengan harga kurang lebih 1,6 juta. Jadi kayaknya sih Jepang sudah ngga lagi jadi negara “mahal”. Sudah ngga perlu budget besar untuk pergi ke negara ini. Tiket murah bertebaran, untuk mendapatkan visa juga gampang bahkan bagi mahasiswa S1 dan pemegang E-paspor visa kunjungan wisata ke Jepang digratiskan!!! Untuk info visa Jepang bisa dicek di postku sebelumnya "Visa Jepang untuk Mahasiswa Pasti Lolos!"

Aku juga jadi salah satu orang yang memasukkan Jepang ke dalam bucketlist. Akhirnya pertengahan April 2017 kemarin, aku kesampaian juga ke Jepang. Niatnya sih pengen lihat sakura, ngga taunya telat. Huhuhu. Sekarang aku pengen sharing sesuatu tentang Jepang. Berhubung aku cuman 6 hari di Jepang, jadi kunjungan pertama ini cuman main di Osaka dan Kyoto. Selama di Jepang, aku ngga pernah beli tiket satuan. Pengalaman pas di Singapura beli tiket satuan itu agak ribet, makan waktu dan lebih mahal dibanding dengan beli transport passnya. Jadi aku memutuskan untuk pake transport pass aja selama di Jepang, dan ini transport pass yang sempet aku cobain:

1.      Yokoso Osaka Ticket (1500 JPY). Mungkin pass ini kurang familiar, soalnya emang kayaknya jarang dibeli orang. Yokoso Osaka Ticket ini adalah pass yang bisa dipakai untuk naik Nankai express reserved seat dari Kansai Airport ke Namba Station. Plus kamu akan dikasih juga Osaka 1 day pass, yang berguna untuk jalan-jalan dengan  subway, trem maupun bus. Kenapa aku milih ini, karena setelah cek harga limousine bus itu sekitar 180 ribuan, terus naik Nankai express itu 150 ribuan. Dan harga Osaka 1 day pass itu sekitar 800 yen. Yahh, kalo diitung ya pasti hemat Yokoso Osaka Ticket, akhirnya beli ini via klook.com (dapet diskon 5 SGD jadi cuman bayar 130 ribuan).
Yokoso Osaka Tiket : (atas) tiket Osaka 1 day Pass, (bawah) tiket Rapi:t Express Nankai Line KIX - Namba

2.      Osaka Amazing Pass ( 2 DAYS, 3300 JPY). Nah kalo pass yang ini pasti banyak yang udah ngerti. Ini transport pass super sakti sih kalo aku bilang. Pake Osaka Amazing Pass itu sangat-sangat menguntungkan. Jadi selain dia cover mulai dari bus, trem dan train di Osaka, pass ini juga bisa dipake untuk masuk ke beberapa wisata di Osaka secara gratis. Jadi ibaratnya transportnya gratis, tiket masuknya juga gratis. Spot yang aku kunjungin dengan Osaka Amazing Pass ini antara lain Osaka Castle, Umeda Sky Building, Hep Five Ferris Wheel, Osaka Museum, Osaka Zoo, Tempozan Ferris Wheel. Kalo ngga pake pass sekali masuk wisata tersebut harus bayar antara 500-1000 Yen kalo dirupiahin sekitar 60ribuan, padahal harga pass ini untuk 2 hari cuman sekitar 360 ribuan tergantung kurs saat itu. Ini belinya di HIS Surabaya, soalnya lebih murah daripada beli di klook.com

Osaka Amazing Pass: isinya Peta, Voucher Coupon, sama Passnya

3.      Kansai Thru Pass (3 DAYS, 5200 JPY). Berhubung anaknya pengen ke Nara sama Kyoto akhirnya dibelilah pass ini yang 3 hari. Untuk Kansai Thru Pass ini emang agak mahal, cuman menurutku masih sangat worth it sih daripada beli tiket satuan. Dia cover semua transport mulai dari bus, trem dan kereta di wilayah Osaka, Nara, Kobe, Kyoto. Dan enaknya Kansai Thru Pass ini bisa dipakai selang-seling harinya, misal dipake hari pertama, terus hari kedua ga dipake, hari ketiga baru dipake lagi, pokoknya kaya gitu boleh, ngga harus dipake berurutan harinya. Kansai thru pass juga bisa dipakai naik train yang menuju Kansai Airport. Untuk pass ini aku belinya ngga di Indonesia maupun di klook.com, tapi beli langsung di Kansai Tourist Information Center, harganya waktu itu sekitar 650 ribuan untuk 3 hari.
 
Kansai Thru Pass: isinya Peta, Voucher Coupon, dan Kartu Pass
Enaknya pake transport pass ini yang jelas ngga ribet, terus hemat waktu karena tiap naik train ga perlu antri beli di mesin tiket, dan kalo dihitung-hitung jelas lebih hemat apalagi buat yang seneng jalan non stop gitu, yang sehari lebih dari 2 destinasi, pasti sangat terbantu dengan transport pass ini. Aku juga ngalamin sendiri. Jadi station di Jepang itu lebih hectic daripada di Singapura. Sumpah, orang jalannya cepet-cepet, terus super buesarrr, sampe bingung gitu cari gatenya, karena tiap line pasti beda gate. Nah aku itu di hari awal-awal, selalu nyasar dan masuk gate yang salah, untungnya pake transport pass jadi tinggal tap tap tap aja ngga perlu khawatir nambah budget apa-apa.

Untuk Osaka Amazing Pass, aku sarankan beli di Indonesia aja sih karena lebih murah dan udah langsung dapet passnya kalo beli di HIS, jadi ngga perlu nuker-nuker lagi di konter bandara. Nah kalo Yokoso Osaka Ticket aku belinya di Klook.com, nanti dapet voucher gitu yang dikirim ke email, terus jangan lupa di cetak. Pas nyampe Kansai airport langsung tuker voucher tersebut ke counternya HIS, ntar dapet voucher lagi untuk dituker di Nankai ticket counter. Kalau yang Kansai Thru Pass, belinya langsung di Kansai Tourist Information Center langsung, soalnya mau beli di HIS ga ada, terus di klook.com juga seingetku waktu itu kursnya mahal, jadi akhirnya memutuskan untuk beli di Tourist information centernya langsung.



Jadi kesimpulannya kalau dihitung-hitung, selama jalan-jalan di Kyoto dan Osaka dalam waktu 6 hari aku menghabiskan biaya 10000 JPY persis! Atau sekitar 1,2 juta saja. Semua area wisata yang aku kunjungi baik di Kyoto maupun Osaka semua sudah tercover sama transport pass tersebut. Ayo traveling ke Jepang, awas nagihin. Aku aja pengen balik ke Jepang, main ke sana lagi dan lagi. 

You May Also Like

0 komentar