Tahap Perkembangan Usia Seseorang

by - Maret 27, 2014


1.       Masa anak kecil (Early Childhood)
Tugas perkembangan pada masa ini adalah membentuk konsep dan belajar bahasa untuk menggambarkan lingkungan, menyiapkan diri membaca, belajar membedakan yang benar dan salah sesuai hati.
Setelah tahap early childhood anak-anak telah lancer berjalan, mampu bicara, bergerak, berinteraksi sosiial, mampu membedakan baik dan buruk serta benar dan salah, anak telah siap dimasukkan ke sekolah.

2.       Masa Sekolah dasar (Middle Childhood)
Tugas perkembangan pada masa ini adalah mempelajari keterampilan fisik, membentuk sikap sehat, belajar bergaul dengan teman, mempelajari peran sosial wanita dan pria, mengembangkan kemampuan dasar membaca, berhitung dan menulis, mengembangkan kata hati, mengembangkan sikap demokratis dalam kelompok sosial.

3.       Masa remaja (Adolescence)
Masa ini adalah masa usia 13-19 tahun. Tugas perkembangan pada masa ini adalah kelanjutan dari masa sebelumnya antara lain mencapai hubungan baru yang lebih matang, mencapai peranan sosial kepriaan dan keputrian, mencapai bentuk fisik yang matang, mencapai kebebasan emosional dalam hubungan dengan personal, menyiapkan diri untuk membangun keluarga, memiliki etika, bertanggungjawab. Mereka membina hubungan sosial, pembentukan kelompok kecil remaja yang disebut klik, dalam pendidikan mereka bereksplorasi dan bereksperimen, belajar berperilaku seperti orang dewasa, serta mengembangkan hubungan dengan lawan jenis.


Namun tidak semua perkembangan tersebut dilalui individu karena berbagai masalah sehingga membuat perkembangan menjadi terlambat atau tidak berhasil. Sehingga diperlukan pelayanan khusus agar mampu melaksanakan tugas-tugas perkembangan secara sempurna.

You May Also Like

0 komentar