Filsafat di Mata Mahasiswa

by - Maret 14, 2014

Btw sebelumnya ga papa kan yaa neg-post semacam tugas gitu, sharing dikit gitu lah. Biar besok-besok kalau ada yang negbutuhin bisa langsung comot asal nyantumin sumbernya. :)) Tugas yang bakal dipost kali ini tentang Filsafat di mata mahasiswa, ini tugas mata kuliah filsafat ilmu (semester 2). Check this out ....


1.      Bagaimana pemahaman mahasiswa tentang filsafat sebelum dan sesudah mengikuti perkuliahan filsafat ilmu?
Sebelum saya mengenal filsafat, saya menganggap bahwa filsafat ialah dewanya ilmu, atau biasa disebut “mother of science” sehingga dalam pemahamannya menurut saya akan sangat sulit karena filsafat berbicara tentang hakikat sesuatu dengan sangat luas. Kemudian setelah saya mengenal lebih jauh mengenai filsafat dan mulai belajar mengenai filsafat ini, ternyata filsafat lebih dari sekedar “mother of science”, filsafat ialah konsep dasar mengenai ilmu dan pengetahuan serta kehidupan. Filsafat ialah cara untuk memahami sesuatu secara dalam, sehingga bisa disebut “method to understanding” sehingga bisa dikatakan filsafat ialah induknya ilmu, barang siapa yang bisan memahami induknya ilmu maka ia akan bisa memahami ilmu-ilmu yang lain dengan lebih mudah.

2.      Apa pandangan mahasiswa mengenai filsafat?
Bagi saya yang seorang mahasiswa, filsafat ialah “method to understanding”. Dengan filsafat kita bisa memahami segala sesuatu lebih dari apa yang dipikirkan selama ini. Dengan filsafat mahasiswa bisa lebih tahu banyak hal, karena dalam filsafat suatu ilmu atau pengetahuan sangat berkembang, kita bisa memahami dari segala aspek kehidupan. Filsafat ialah sesuatu yang istimewa, karena makin banyak yang kita tahu dari filsafat akan semakin banyak pertanyaan yang timbul mengenai filsafat.

3.      Apa tujuan dan harapan mahasiswa mengikuti perkuliahan filsafat ilmu?

Saya berharap dengan mengikuti perkuliahan filsafat ilmu, bisa membentuk pola pikir yang lebih kritis, peduli, bertanggungjawab dan cerdas. Dengan filsafat kita juga akan belajar banyak serta merenung. Dengan merenung diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi kehidupan saya di masa kini dan masa mendatang karena dengan merenung kita akan berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih berguna bagi sesama.

You May Also Like

0 komentar