Perjuangan UN-SNMPTN 2013

by - September 04, 2013

Perjuangan UN-SNMPTN 2013

Kelas XII kemarin saya makin ngebut belajar. Jalur SNMPTN ternyata bukan hanya untuk anak-anak terpilih seperti tahun lalu, tapi semua anak SMA/MA/SMK berhak mengikuti SNMPTN. Otomatis saingan makin banyak sehingga aku juga harus makin semuuuaaaangat!!!

Dipikir-pikir lagi mau ngga mau saya harus keterima SNMPTN, itu kesempatan emas saya bersaing tanpa tes. Jalur SBMPTN juga disiapkan sih, tapi kayaknya susah deh nembus SBMPTN, dan kalau mentok ga keterima palingan masuk lewat MANDIRI dan uangnya itulohhhh ga sedikit kan kasihan orangtua juga pek. Maka dari itu pasang strategi yang bagus kalau mau diterima jalur SNMPTN. Sadar diri tapi tetep sesuaikan dengan passion.

Tapi, makin galau-lah saya lihat review nilaiku agak nyesel juga kenapa kelas X terlalu banyak waktu luang.
Semester satu rangking 22 pararel, semester dua rangking 18 pararel, semester 3 IPS rangking 2 pararel, semester 4 IPS rangking 2 pararel, semester 5 targetku rangking 1 paparel Alhamdulillah terwujud. Hanya saja sewaktu kelas X rangking agak ngenes. Yaaah, penyesalan selalu datang terlambat. Akibat males-malesanku di kelas X dulu, kelas XII harus kerja keras, harus rajin ikut Bimbingan Belajar Intensif, Rajin baca buku-buku pelajaran jaman kelas X sama XI dan tiap hari saya harus ikhlas makan soal-soal tryout dari buku Detik-Detik. Buat ngelakuin itu ternyata susah bangeeeeet. Godaannya ituloh, kadang nyesek sendiri lihat temen-temen yang pada pulang setelah KBM dang a ikut BBI, tergoda juga ikut bolos tapi sadar kelas X dulu kaya apa hmm yaudahlah jalanin nasib demi nilai semester 5 dan 6 yang bagus modal masuk SNMPTN dan modal menjalani UN 20 PAKET!!! L

UN makin deket, makin banyak  tawaran-tawaran menggiurkan soal “kunci jawaban”. Hellooooh ini UN 20 paket lo. Sempet nggalau-nggalau ga jelas gitu mau UN tapi yaweslah let it flow. 
UN berlalu dan galaw lagi. Sempet mikir sampe stress gitu guling-guling sendiri di kamar. Gimana ya misal ga lulus? Gimana ya missal ga lolos? Hwaaah sampe akupun mikir gpp wes ga lolos SNMPTN yang penting lulus UN. Kalo ga lolos SNMPTN kan banyak temennya, nah kalo ga lulus UN kan malu pek! Sadar kalo soalnya UN bikin rambut rontok dan sesek dada. -_-


Ya akhirnya penantian panjang tiba, aku lulus UN dan lolos SNMPTN. Alhamdulillah perjuangan berdarah-darah terbayar sudah pek. Pas Purnawiyata juga jadi momen yang indah banget, masuk jajaran 10 siswa berprestasi, jadi perwakilan kelas XII yang menyampaikan sambutan kesan pesan dan yang ga aku sangka jadi peraih nilai UN terbaik IPS se SMAN 3 Jombang dan peringkat 5 se Jombang. Puji Syukur. Alhamdulillah rahmat dari Allah ga berhenti-berhentinya untuk aku, pas lihat pengumuman seleksi SNMPTN aku keterima di Universitas Airlangga Prodi Ilmu Administrasi Negara.  Sekarang aku percaya, apabila kita usaha dan doa dengan ikhlas Allah pasti akan memberikan yang terbaik. Allah Maha Adil 




You May Also Like

0 komentar