“Kongres Anak Indonesia XI 2012 Batam Kepulauan Riau”

by - September 04, 2013


KAI BATAM 2012


Oke fine sebelum cerita aku bakal jelasin dulu apa itu Kongres Anak Indonesia.  Jadi KAI itu suatu kegiatan yang diadakan Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), taukan Komnas PA? itu yang pegiatnya biasa nongol di TV, Pak Aries Merdeka Sirait dan Kak Seto. Nah KAI ini adalah pertemuan rutin oleh lebih dari 330 anak-anak di seluruh Indonesia dari 33 provinsisejak tahun 2000. Biasanya sih kegiatannya selama 1 minggu dan tempatnya berbeda-beda tiap tahun. Pernah diadakan di Jakarataa, Bali, Jogjakarta, Bogor, Depok, Bandung, Bangka Belitung dan terakhir 2012 ini di Batam. Fungsinya apa? Fungsinya untuk menyuarakan hak-hak anak dari seluruh Indonesia, berdiskusi, tukar pikiran, siding, raapat paripurna, jalan-jalan, dll.
Sebenernya ga nyangka banget sih bisa jadi salah satu delegasi Kongres Anak Indonesia XI 2012  dari Jatim. Waktu seleksi tingkat kabupaten Jombang aja aku ga tau tentang hak dasar anak (pendidikan, kesehatan, perlindungan khusus, partisipasi), tapi ya dengan tekad dan semangat tinggi (cieeh) ya akhirnya beruntunglah bisa lolos seleksi untuk lanjut ke provinsi.  Waktu di provinsipun juga begitu, jadi semuanya yang dikirim adalah anak-anak perwakilan dari pengurus Forum Anak/Dewan Perwakilan Anak tiap kabupaten dan kota. Rata-rata sih pada berpengalaman di bidang anak ini, sedangkan aku bener-bener baru dengan organisasi ini dan kurang pengetahuan. Jadi modal ke provinsi Cuma sekedar browsing dan baca-baca tentang anak itu apa, hak dasar anak, UU perlindungan anak, pelanggaran terhadap hak anak.
Forum Anak Daerah Jatim waktu itu diadakan di Hotel dan Kawasan Wisata Selecta Malang sekitar bulan Mei 2012. Selama 3 hari kita diskusi, debat, sampe acara pentas seni. Kelompokku waktu itu nampilin drama musikal. Dan besok paginya adalah pengumuman siapa yang jadi finalis perwakilan Forum Anak Nasional di Bandung dan Kongres Anak Indonesia di Batam. Ya aku sih ga berharap untuk lolos, Cuma kalo dikasih kesempatan ya pengennya kepilih yang di Batam. Untuk jadi finalis ga cuma modal pinter ngomong ya, tapi juga harus aktif dalam diskusi, kritis, dinilai juga melalui essay yang dibuat semalam sebelum penjurian. Dan Alhamdulillah namaku dipanggil juga untuk jadi finalis KAI di Batam. Perjuangan belum berakhir, di sana ada 20 nama yang harus dipangkas menjadi 10 saja. Tantangannya apa? Kampanye visi misi, well akhirnya setelah pengambilan suara aku berhak terbang ke Batam bersama 10 teman dari berbagai kabupaten dan kota. Annisa dari Kab. Kediri, Iga Ayu dari Kab. Malang, Nimas dari Kab. Tulungagung, Elvina dari Kab. Banyuwangi, Yudis Atmi (Mbak Ucha) dari Kota Malang, Awang dari Kab. Malang, Dadang Kusuma dari Kota Batu dan Gerry Fauzi dari Kota Blitar yang jadi fasilitatornya
.
Kegiatan-kegiatan seru Kongres Anak Indonesia XI 2012 di Batam

Ngeksis dulu dong di Jembatan Barelang ikon kota Batam
Ini Pak Arist Merdeka Sirait lagi ngasih materi dan diskusi panel


Ini sama Delegasi dari Pulau Sumatera (lupa Provinsi mana)


Diskusi Kelompok Komisi Pendidikan, itu temen sekelompok saya  yang namanya saya ingat adalah Shallom  (Kaos Biru) dari Papua dan sampingnya Elsa (Pegang Tas) dari NTT.


Tahun 2012 kemarin aku terpilih menjadi Presidium KAI daari Jawa Timur, semoga tahun 2014  (karena tahun 2013 tidak diadakan KAI) ini bisa berangkat lagi di KAI XII 2014 di Banten, mengingat Jawa Timur tidak menyediakan dana untuk KAI. Semoga bisa bertemu dengan anak-anak yang luar biasa dari seluruh Indonesia. Amin



You May Also Like

0 komentar