TUNTUTLAH ILMU, KEJAR MIMPIMU, GAPAI PRESTASIMU

by - Juni 14, 2012



"Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina" kalimat pelesat semangat ini tentu tak asing lagi kan? ilmu itu sangat penting bagi kehidupanmu, baik sekarang maupun akan datang. Tidak seorangpun yang bisa membatasi ruang kita untuk menuntut ilmu di manapun dan kapanpun.

Mencari ilmu tidak hanya bisa diawali dari bangku sekolah. Sekali lagi, di manapun artinya di manapun kita berpijak kita bisa dapat ilmu. Asyik kan? di mana saja, gratis! Kalo sekolah kan masih ada pungutan-pungutan walau udah ada BOS...

Tidak hanya berkewajiban menuntut ilmu saja, kita juga harus and wajib hukumnya buat mengamalkannnya, biar ilmunya manfaat and barokah! Gak etis dong kalo punya ilmu banyak tapi gak diamalkan, apa kata dunia? jangan khawatir teman, meskipun ilmunya kita bagi-bagi ke sembilan ratus sembilan puluh sembilan orang gak bakal habis kok, malah banyak manfaatnya bagi kita, selain gak gampang lupa, juga dapat pahala, trus Insya Allah ilmu kita juga makin bertambah, wow !!? Ingat juga pepatah "Ilmu yang tidak diamalkan bagai pohon tanpa buah".

Pada zaman Rasullulah, para sahabat nabi saling berlomba-lomba menuntut ilmu. Orang yang menempuh perjalanan mencari ilmu sama dengan orang yang sedang menempuh perjalanan menuju surga (mencari kebenaran lagi baik dan menguntungkan adalah pintu menuju surga). Malaikat juga akan melekatkan sayapnya untuk para pemburu ilmu dan seluruh penghuni bumi. Bumi akan berdoa memohonkan ampun bagi pemburu ilmu. Nabi tidaklah mewariskan harta, tapi ilmu. Karena ilmu lebih utama segalanya daripada harta. Maksudnya, ilmu bila diamalkan akan bertambah, sedangakn harta akan berkurang. Ilmu tuh juga gak akan lenyap, bahkan tetap abadi, sedangkan harta akan lenyap. Ilmu dibawa sampai kubur, kalo harta? gak kan?

Allah SWT telah menjaga pertahanan kaum muslimin dengan Mujahidin dan menjaga syariat Islam dengan para pemburu ilmu. Sebagai firmannya:
"Tidaklah sepatutnya bagi orang-orang yang mukmin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak dan tiap-tiap golongan diantara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepada-NyA, SUPAYA MEREKA ITU DAPAT MENJAGA DIRINYA. (QS. At-Taubah : 122)

So, semangat terus menuntut ilmu, semoga kelak kita sukses karena ilmu yang bermanfaat. Amien....

You May Also Like

0 komentar