(ngga sengaja) Makan Babi di Jepang

by - Februari 26, 2018

Haha judulnya gitu banget ya. Karena sebelum ke Jepang negara yang pernah aku kunjungi hanya Malaysia dan Singapura yang tergolong masih moslem friendly maka aku masih berpikir Jepang oke lah soal makanan. Hari pertama di Jepang, aku sampai malam hari di Osaka hingga belum sempat kulineran. Waktu itu sampai di apartemen langsung selonjoran, dan tepar karena perjalanan yang super melelahkan (Fyi aku transit-transit dulu, muter Surabaya-Penang, Penang-Kuala Lumpur, Kuala Lumpur-Osaka, tentu sihh karena berburu tiket yang lebih hemat).

Keesokan harinya aku semangat banget pergi ke Fushimi Inari Taisha  (伏見稲荷大社) di Kyoto. Sepanjang jalan sekitar Fushimi Inari Taisha banyak banget food stall makanan Jepang yang super menggiurkan. 







Aku hampir kalap sih kalo ngga liat harganya. Tiap mau jajan aku itung dulu kursnya ke rupiah, kaya mochi yang di atasnya ada strawberry itu harganya 300 JPY, kalo dirupiahin dengan kurs saat itu 1 JYP = 114 rupiah diitung-itung harga sebiji mochi kurang lebih Rp 34.000 wah oke skip skip!!!! padahal ngiler. Haha Ahirnya cuman nyobain takoyaki yang jadi list must try items pas di Jepang. 8 biji takoyaki dihargai 500 JPY atau sekitar Rp 60.000 cukup worth it lah ya dibanding sama mochi. Terus dimasaklah itu takoyaki eh kirain isinya gurita yak, ternyata pork!!! W taunya pas udah dimasak gitu, udah ngasih duit, akhirnya aku bilang ke abang-abangnya, kira-kira begini kalo diterjemahin "Mas tolong ga usah dikasih babi ya." padahal tetep aja woyyy masaknya jadi satu sama yang pake babi. Diwajan yang sama, di bolak-balik pakek spatula yang sama :( huhu aku seketika menyesal tapi sayang juga kalo ga dimakan, akhirnya bismillahirohmanirohim masuk juga itu takoyaki ke perut. (Lupa ga difoto karena udah kalap liat yang mengepul-mengepul).

Banyak kejadian hampir makan babi di Jepang, makanya selalu nanya dulu pas beli apakah mengandung pork atau ngga. Karena susah banget nemu makanan halal, dan meskipun ada itu harganya ya Allah mahal banget pengen nangis, akhirnya kita tetep jajan sembarangan yang gatau masaknya kaya gimana yang jelas itu daging ayam, telor, atau sapi kita bakal makan. Sempet kejadian juga sama temenku Cho, karena dia super ngirit ya selama di Jepang, nemu dong nasi goreng dalam kemasan di Daiso seharga 100 YEN (bersyukur banget ga lu dapet nasi goreng 12 ribu rupiah di Jepang) dia akhirnya beli dan dipanasin di microwave apartemen. Aku juga cicip-cicip lumayan enak. Eh pas udah abis makanannya, isenglah dia translate komposisi makanannya pake scan huruf gitu di Handphone (gatau nama aplikasinya apa). Eh taunya itu nasi goreng rasa daging pake, mengandung lard dan pork !!! Gapapa, dimaapin kan kita gatau :'D

Makanya paling aman kalo ke luar negeri yang kurang ramah muslim harus pinter-pinter menyiasati. Kaya misalnya bawa bekel dari Indonesia yang ngga gampang basi kaya rendang, teri, abon, kering tempe, indomie, kornet, dll. Waktu itu sebenernya perbekalan kita udah lengkap banget malah kita bawa beras juga bayangin haha, karena pas cek harga beras di Jepang hampir 50 ribu, akhirnya kita bawa beras sendiri yang taunya ga kepake juga wqwq. Tapi sebagian lauk-pauk kita yang sangat berharga demi kelangsungan hidup di Jepang disita di airport karena over baggage jadi harus ada barang-barang yang dikorbanin untuk dibuang. Pokoknya selalu siapkan amunisi, browsing dulu sebelum ke negara tujuan tentang halal food di sana biar ga kejadian seperti yang aku alami di Jepang.

You May Also Like

0 komentar