Belajar dari Driver Gojek

by - Juni 18, 2017

Sebenarnya aku sudah sering dapat hal tak terduga dari para driver transportasi online. Tapi baru kali ini aku merasa sangat terharu. Jadi ceritanya kemarin aku malas bawa kendaraan sendiri, karena kalo bulan puasa apalagi sore,dapat dipastikan jalanan dimana-mana macet, mau masuk parkiran mall juga susah karena saking banyaknya pengunjung. Dari rumah aku naik Gojek ke Pakuwon mau cari kado buat temen. Nah, dari Pakuwon aku order Gojek lagi ke daerah Ketintang karena mau buka bersama di sana. 

Karena aku keluar mall udah hampir magrib, jadi memang agak susah dan lama cari driver. Aku tungguin aja, ternyata sampe adzan magrib selesai belum dapet Gojek juga. Akhirnya aku coba order sekali lagi, terus tiba-tiba dapat driver, kalo dari namanya sih Chinese (jarang dapet driver Chinese), dan posisinya agak jauh dari tempatku, di aplikasi sih tertulis aku harus menunggu 12 menit. Ok, gapapa kutunggulah Pak Gojek.

Bapak Gojek telfon nanyain posisiku di mana, terus pakai baju apa, sudah kukasih tau tapi tiba-tiba handphoneku mati. Yaudah, gabisa ngecek bapaknya sudah sampai mana, sudah deket apa belum. Aku tunggu saja, berharap nanti bapaknya lsg nemu aku di pinggir jalan.
Nah untungnya Bapak Gojek lsg ketemu aku, terus dia minta maaf berkali-kali karena aku harus nunggu lama, dia bilang ngga tau area Surabaya Barat, karena biasanya cuman di Surabaya Timur. Pokoknya minta maaf berkali-kali. Padahal disitu aku juga ngerasa salah karena handphoneku mati, jadi ngga bisa dihubungi.

Yah, akhirnya Bapaknya jalan. Kemudian ngoborol lah dia :

Pak Gojek : Mbak tadi agak lama ya dapat Gojeknya, soalnya kalau magrib begini temen-temen banyak yang istirahat buka puasa.
Aku : Iya pak agak lama, mana HP saya batreinya mau habis. Untung bapak tadi terima order saya, haha
Pak Gojek : Iya mbak, tapi maaf lo ya mbak. Saya ngga tau daerah sini, jadi pelan-pelan ngga papa ya mbak.
Aku : Iya pak, ngga papa.

Terus, terdiam kembali. Dan tiba-tiba bapaknya nanya, "Mbak, sudah buka puasa?" ya aku jawab belum, karena memang tadi pas keluar mall itu sebelum magrib memang, jadi ngga sempet beli makanan. Terus si Bapak ini kaya orang gupuh gitu. Dia nawarin makanan yang dia bawa. Aku dikasih rotinya, dia bilang "Buat ganjal perut mbak, lumayan. Masih baru kok mbak ini." Aku nolak halus. Terus si Bapak nawarin lagi, mau mampir indomaret ngga, pokoknya kaya orang khawatir gitu karena aku belum buka puasa, padahal aku udah sering kaya gini, kemagriban di jalan akhirnya telat buka puasa. Aku bilang ngga lagi ke si Bapak. Tiba-tiba bapaknya ngasihin jeruk, dan bilang "ini mbak, buat mbak. Dimakan mbak." ya karena udah dikasih ke tanganku, ya aku terima. Disitu aku ngerasa, duh bapaknya baik banget. 

Dan disitu kan aku belum minum, cuman makan jeruk dikasih sama si Bapak akhirnya beliau masih nawar-nawarin buat mampir ke indomaret, pokoknya masih menunjukkan rasa khawatir gitu. Aku tolak lagi, karena biar cepet sampai tujuan. Nah, pas sampai di lampu merah sekitar depan Ciputra World ada orang bagi-bagi takjil, ngga disangka-sangka si Bapak teriak "Mas mas, mbak ini tolong dikasih satu ya. Belum buka puasa soalnya." terus dikasih 2 bungkus sama masnya itu, Pak Gojek bilang "Ini namanya dapat berkah mbak, hehe". Terus bapaknya maksa 2 bungkus takjil itu buat aku semua, aku nolak, kukasih bapaknya satu. (disini ceritanya aku kebanyakan nolak wqwq)

Aku minum air mineralnya, terus kayaknya si Bapak ini merhatiin aku minum dari spion, karena pas air minumku udah abis, si Bapak langsung tanggap nawarin lagi punya dia. "Gapapa mbak, buat mbak. Saya kan ngga puasa, jadi kalau mbak masih haus minum aja."  (si Bapak ngga puasa, soalnya dari namanya kan Chinese). Nyeessss, aku terharu.

Kemarin, aku dapat satu hal lagi yang bikin mata dan hati kita jadi terbuka, ya dari hal-hal kecil yang justru bikin aku jadi merenung. Bapak Gojek tadi Chinese, aku penumpangnya pribumi dan muslim, si Bapak sangat menunjukkan kepeduliannya kalau aku sedang berpuasa meskipun dia tidak. Dia sebegitu baiknya, respect sama orang lain. Padahal bisa aja kan dia cuman nganter sampai tujuan dengan selamat, karena ya tugas dia cuman itu. Tapi si Bapak melalukan lebih. 

Aku juga belajar untuk mendahulukan orang lain, baru diriku sendiri (of course in a good way). Padahal selama ini ya aku ngga urus, masa bodoh, yang penting aku sudah dapat, aku aman, yang lain kaya gimana ya itu urusanmu sendiri. (Iya seegois itu anaknya, sedih...)

Terima kasih bapak Gojek, bapak : Liem Cong Look ❤❤❤ (lupa sih ngga ngecapture profil gojek si bapak)

You May Also Like

1 komentar